Pages

Sabtu, 27 November 2010

Saat-Saat Buruk Bersama Sekolah

Halo para penghuni dunia mayaaa.....
bagaimana keadaan sekolah kalian? buruk? nelangsa? sial? atau gembira? falling in love with teacher? biasa? atau malah kalian berniat ngebakar sekolah kalian? gue dukung!

aaaaaaaah pokoknya gue muak-muak banget sama sekolaaaah. selain mendapatkan kelas yang gak ada lucu-lucunya. pelajaran dan segala kegiatan yang berjalan dikelas 3 ini, bikin gue kehabisan oksigen. sumpah, gue dirumah cuma kayak numpang makan-minum-mandi-tidur-belajar dikit. udah udah udah udaaaah! mau leha-leha aja susahnya naujubilah kayak mau ngedaki Semeru. Susah banget bahkan mau ngomong/ngobrol sama bonyok susahnyaaaa banget banget, mungkin gambarannya gini saking susahnya gue mau ngobrol sama bonyok gue :
Mama : Ri, gimana sekolah kamu.....
Gue : aduh ma, udah jam 6 harus berangkat sekolah.
atau
Ayah : Ri, kamu udaah
Gue : aduh yah maaf harus les..
dan
Adek gue : kak Angga bole....
Gue : aduh gue mau makan, gak ada waktu lagi soalnya!

ya kira-kira gitu. Sumpah gue kayak ngebayar waktu, kalo waktu gue sia-siain maka tagihannya makin banyak. jadi, istilahnya waktu itu rentenir bagi gue, makin gue tunda-tunda pembayarannya makin banyak bunga uang yang mesti gue bayar. oh Goood.

gue bakal ngebahas mengenai kegiatan , yang baru ada di kelas 3 SMA.

first....

PM atau Pendalaman Materi

Ini umum sekali di telinga kalian. Ya, cuma di adain untuk para anak-anak kelas 3 SMP maupun SMA. daaaaan, PM di sekolah gue udah di adain dari pas selesai lebaran kemaren PAS banget PAS banget masuk langsung PM PAS bangeeeet! haaaah nice sekali. Diadainnya abis pulang sekolah, gue sekolah masuk jam setengah 7 pagi dan bel pulang jam setengah 3 lewat dikit-dikitlaah, terus istirahat 10 menitan langsung deh PM sampe jam 4 kurang dikit-dikit juga. Bisa dimengertikan kenapa gue dirumah cuma kayak numpang makan-minum-mandi-tidur-belajar dikit? Ya karena, waktu yang kesita banyak banget belum lagi kalo les, makin susah gue untuk membaringkan diri gue dikasur. Dan menurut gue PM di sekolah gue ini kurang efektif banget, kenapa jam pelajaran gak dikurangin aja? misalnya kayak pelajaran B. Jepang, BK, dan Kwirausahaan, dikurangin aja waktunya dan di isi buat PM. maksud gue jadinyakan kita (para murid yang teraniaya) gak pulang sekolah sampe sore banget gitu. kalo yang rumahnya cuma sejengkal dari sekolah mah selaw. lah kalo yang rumahnya di ujung dunia gimana? lama dijalan sebentar dirumah. Udah gitu diawal-awal PM kelasan gue kedapetan guru PM Geografi yang gak ada enak-enaknya, kalo guru gak enak pasti penyampaian ilmunya gak diresapi sama otak, yes begitulah hampir sekitar sebulanan kita sama guru itu dan pelajaran Geografi gue abaikan, ya karena gak ngerti sama apa yang dijelasin sm tuh guru. Gue, Nia, Dian sama Utink sampe ngadu sama Pak Lubis (Staf Kurikulum) kalo guru PM yang ngajar Geografi gak enak. masa nanti kalo lagi UN nilai kita semuanya bagus-bagus tapi, Geografi ancur cuma gara-gara satu guru. Dan ternyataaaaah pas kita ngadu pak Lubis bilang
Pak Lubis : haha saya sudah duga pasti ada yang komplain kalo dia yang ngajar.
Nia : hah? jadi udah banyak pak yang komplain?
Pak Lubis : iya, setiap tahun. kalo ada yang diajarin sama dia pasti gak suka
Gue : terus kenapa bapak masih milih dia buat jadi guru PM?
Pak Lubis : menurut angket, kelasan kalian banyak yang milih dia.
Gue : ah pearasaan saya engga pak. anak-anak yang lain juga pada ngeluh kalo dia yang ngajar PM
Pak Lubis : iya saya ngerti.
Nia : iya sih saya juga tau pasti bapak gak enakkan kalo gak nyuruh dia jadi guru PM?
Pak Lubis : naah itu juga, lagi pula dia wali kelas kalian kan?
Kita-kita : hem iya pak

akhirnya kita pasrah dan dapet kabar kalau nanti guru-guru PM akan dirolling. dan artinya kita gak diajarin PM sama tuh guru ahahahahaa.
tapi tetep aja gue muak banget kalo udah mau PM. bawaan gue male mulu. Kalo gak salah udah 11 kali gue bolos PM. sebenarnya kalo yang lebih dari 10 kali bolos PM orang tuanya bakal dipanggil, tapigue selalu selaw haha
ya kalo gue gak capek gue juga ogah cabut, kalo gue masih fit gue juga bakalan PM kok.

second...

PR atau pekerjaan rumah

Wah ini adalah benalu hidup gue. Gila bayangin aja udah PM ditambah pula PR yang seabreg-abreg. Bisa dibayangin, sehari sekolah itu mata pelajarannya ada sekitar 5 atau 7, naaah kadang-kadang ya dari 5 atau 7 mata pelajaran itu ada PR semua dan PR-nya gak sedikit, banyak banget. disuruh ngerjain LKS seluruh bab-nya, nyari informasi mengenai pelajaran yang bersangkutan dari internet, ngeprint yang banyak banget, disuruh ngeringkas materi pelajaran yang bersangkutan dari buku cetak, atau dapet soal tertentu dari sang guru. belum lagi kalo misalnya harus ngerjainnya per kelompok, wah gue udah mulai males deh apalagi kalo kelompokan sama orang-orang yang recet, yang gak bisa slaw, panikan alaaah males banget gue.
pada akhirnya kalo gue udah gak sanggup atau emang gue gak bisa mikir, badan gue udah ringkih gue akan mengabaikan PR itu dan gue kerjain di sekolah nyontek temen, pada akhirnya gue berbuat curang karena gue gak sanggup sama semua beban PR yang dikasih.
gue tau ini emang kewajiban gue sebagai seorang pelajar, harus ngerjain PR dan melakukan segala kegiatan yang diwajibkan sekolah, tapi pada akhirnya gak efektif.

kemudian,

Arisan Matematika

Guru Matematika gue bilang, cuma dia yang baru ngadain yang namanya arisan matematika. oke, gue acungin jempol, jempol kaki gue.
setiap pelajar matematika, gue dan seluruh murid-murid yang diajarin sama nih guru akan spot jantung, deg-degan atau keringet dingin. oke, gue jelasin cara kerja arisan matematika ini.
pertama, si guru memberika soal-soal yang ada dibuku untuk dikerjakan.
kedua, si guru menyuruh murid (menurut absen) untuk memfoto kopi soal-soal yang udah dia kasih terus dipotong kecil-kecil (jadi kayak arisan gitu. ngertikan?!)
ketiga, ketika hari itu tiba, potongan-potongan soal ditaro di meja guru kemudian sang guru memanggil nomor absen yang harus maju mengerjakan potongan-potongan soal yang sudah digulung.
keempat, si guru mengatakan waktunya hanya 4 menit untuk mengerjakan, siap? yak satu, dua, tiga MULAIIII
kelima, semua bergantung pada murid-murid yang absennya di sebutkan apakah dia bisa atau engga ngerjain soal itu. kalo bisa dikasi 90 dan kalo engga dikasih 0. akan tetap dikasih 0 kalo isinya benar tapi caranya salah atau caranya benar isinya salah, tidak ada toleransi sama sekali.
disetiap pekan gue gak pernah tenang, kenapa? karena yang gue pikirin cuma arisan matematika.
kelasan gue kebagian pelajaran matematika hari Senin dan Jumat. berarti gue udah mulai gak tenang dari hari Rabu. Dan mau tau gue dapet 90nya berapa kali? baru 4 kali. dan dapet 0-nya 5. padahal gue udah belajar, tapi tiba2 gue panik pas dipanggil maka semua yang ada di otak gue ngebleng semua, semuaaaaaa! maka 0 lah yang gue dapatkan.
menurut gue ini baik banget buat kita para murid-murid yang ditakdirkan gak pinter matematika, ini buat memacu kita belajar. tapi, emang bener gue jadi belajar matematika terus dan perlahan gue bisa dan hafal rumus, cuma yang monyetnya itu pas gue maju arisan gue gak bisa, semua ngebleng gara-gara kepanikan gue. lagi pula, lama-lama arisan bikin orang kena serangan jantung, janda-janda lulus SMA gue kena serangan jantung gara-gara sering deg-degan kalo lagi pelajaran matematika. tapi, kalo misalnya arisan matematika di adain seminggu sekali gue masih bisa terima, lah ini seminggu dua kali, gimana gue gak panik, tegang dan kehabisan oksigen. haaaah terkadang kalo abis pelajaran matematika, kepala gue bakalan migren, pusiiing banget. gue serius gak bohong. kenapa ya? aduh janda-janda gue kena kanker otak gara-gara matematika.

Dan itulah ketiga saat-saat buruk bersama sekolahmenurut versi gue. kalo kalian? gue yakin salah satu dari saat-saat buruk bersama sekolah versi gue akan kalian katakan "yeeeah gue setuju sama looo Rii, gue juga ngerasain itu!"
well, memang ini adalah cobaan kita sebagai seorang pelajar yang butuh yang namanya cita-cita, kalo bukan karena sekolah gak mungkin kalian bisa ngebuka blog gue ini, maksud gue sekolah disini buka sekolah formal aja, tapi kita hiduppun itu namanya kita sedang sekolah. Pr, PM dan arisan matematika yang berengsek itu sebenernya cuma segelintir rintangan untuk kita mencapai cita-cita. kita gak pernah tau, setelah lulus SMA akan ada cobaan apa lagi yang membuat hidup kita na-as dan nelangsa. hanya satu kalimat yang pengen gue ucapkan ke para guru-guru yang mengajar PM, memberi PR dan arisan matematika yaitu, "KALO MAU BUNUH SAYA BUNUH AJA PAKE PISO JANGAN PAKE SOAL-SOAL YANG BUAT SAYA MIGREN!" terimakasih

0 komentar:

Posting Komentar