Pages

Selasa, 31 Agustus 2010

behel atau kawat gigi

kali ini gua ngambil topik tentang BEHEL atau KAWAT GIGI. yes, kalo lo suka sekolah dan suka bersosialisasi, pasti lo sering ngeliat orang yang make behel. ya kalo lo gak suka sekolah atau gak pernah bersosialisasi atau parahnya gak pernah ngomong sama orang ya lo gak akan pernah liat. gini gue mulai mengamati perkembangan orang-orang yang memakai behel, dan presentasinya menurut gue sangat melonjak tinggi. gue mengamati ini dari pas gue kelas 2 SMA. awalnya gue ngeliat kakak-kakak kelas gue yang hari demi hari bayak perubahan di bibirnya, makin maju dan mereka agak susah mingkem. dan ternyata mereka make behel, semakin hari-semakin bayak yang make. gue pikir ada apa ya sama kakak kelas gue? gua perhatiin sebelum mereka make behel, gigi mereka baik-baik aja deh, gak ada gingsul atau maju kayak Omas (ups!) ya, Omas aja gak make behel. sumpah ini sebenernya niat merapihkan gigi atau malah menjadi keisengan semata? tapi, meeeen pasangan behel itukan gak kayak pasang antena tivi, gak murah layaw, bisa jutaan. ya tapi kalau emang punya sodara yang dokter gigi atau mantri mah emang murah malah gak byar. dan setelah gua kelas 3 SMA, gue mengamati lagi hal itu, dan oh my God, adek kelas gue umumnya make behel dan gigi mereka tuh sebenernya udah rapih banget-banget-banget, gak maju gak kenapa-kenapa. gila mereka mau buang-buang duit ya? hem, lo perhatiin juga sekarang dokter gigi yang membuka klinik di rumah atau dikontrakannya semakin banyak banget, mulai dari judulnya "tukang gigi", "tukang pasang behel", "dent bagus dokter gigi" macem-macemlah, coba lo perhatiin! orang-orang di Indonesia udah terserang virus kegayaan dan ingin terlihat lebih cantik, keren, macho dan mempesona, ini wajar! dan, tadi pas disekolah gue liat temen gue yg baru masang behel yang keadaan giginya sudah rapih, dan jeleknya kemaren dia itu gak masuk sekolah, jadi gue dan temen gue lainnya beranggapan bahwa kemarin dia gak sekolah gara-gara harus pasang behel. (-.-!)
oke, gue dan beberapa temen guepun pernah terserang virus behel ini. tapi, akhirnya nyokap bilang sama gue "kamu sekolah aja dulu yang bener, kalo kamu punya uang dari usaha kerja keras kamu, kamukan bisa pasang behel sendiri, pake uang sendiri. akan terasa bangga, karena uang untuk masang behel itu dari uang kamu sendiri!" dan guepun mikir! bener juga, kata-kata nykap gak ada yang gak bener. sudahlah gue juga tidak sedang ingin kegayaan, PTN dulu haha
gue nulis ini, bukan karena gue sirik atau apa. cuma heran, behel sekarang menjadi fenomena yang sangat heboh di kalangan remaja, bahkan ibu-ibu mudapun juga. dan pemasangan behel juga gak diperhatiin lagi dimana tempatnya saking banyaknya jasa pemasangan behel dan keinginan hati untuk bergaya dan merapihkan gigi. nah barusan gue buka Yahoo Answer mengenai behel ini isinya
Pertanyaan : 
Behel di tukang gigi? kan ada tuh jasa behel di tukang gigi. itu bedanya apa sih sm yg di dokter ? apa biayanya lbh miring juga ?

Jawaban pertama :
harganya memang lebih miring, tp satu hal yang pasti, tukang gigi gak belajar ilmu kesehatan, jadi dia kerja berdasarkan teknikalnya aja, gak ngerti prinsip2 berdasarkan anatomi gigi, pertimbangan2 kesehatan gigi, keadaan mulut calon pemakai behel, dll.
kalo di dokter gigi, kesehatan gigi dan mulut calon pemakai behel akan bener2 diperhatiin. Simpelnya, kalo kamu dateng ke tukang gigi minta pasang behel, kamu bakal langsung dipasangin behel, tp kalo ke dokter gigi, kamu bakal diperiksa dulu (dilihat langsung keadaan mulutnya dan difoto rontgen), untuk menilai perlu perawatan sebelum pasang behel atau gak, seperti perlu ditambel, dibersihin karang gigi, perlu cabut gigi, perlu perawatan gusi dan tulang penyangga gigi, dll. kalo pasang behel itu, keadaan mulut harus prima karna nanti bisa makin parah atau bahkan behel gak akan efektif. oke, smoga membantu...


jawaban kedua :
jangan mau deh
bahaya bgt
murah sih emg murah bgt, tp ngaco
malah bs2 gigi lo entar bernanah di dalem
ktnya sih bisa gitu, jd lbh baik lo ke dokter gigi, lbh efektif dan aman
di tukang gigi ga aman, tmptnye aje blm tntu higienis, jangan deh jangan! jangan!
klo pasang behel buat gaya dan pengen murah trus di dokter gigi, jangan! mendingan lo ke rs atau ga klinik gigi
dan si dokter harus punya label spesialis orthodonti itu lbh ngejamin

see? yaue kalo kalianpun juga sedang terserang virus behel pake aja. gue, Dian, Mega, Lysa sangat ingin memakai behel, karena gigi kami memang benar-benar tidak rapih. tapi, kami berpikir, uang darimanaaaaaa?!

0 komentar:

Posting Komentar